GALIA NEWS – Jogja, Lambang MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta adalah gambar segitiga yang terdapat bulatan berisi jarum penunjuk 4 arah mata angin. Segitiga sendiri memiliki perbandingan 5:7, dengan 5 bagian pada dasar dan 7 bagian pada sisi miring.

Arti dari lambang MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

1. Segitiga menunjukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berarti bahwa MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta dalam kegiatannya berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi

2. Arti 5(lima) bagian pada dasar segitiga menunjukan / menggambarkan Pancasila sebagai asas MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta.

3. Arti 7 (tujuh) bagian pada sisi miring segitiga menunjukan / menggambarkan kode etik pecinta alam sebagai kode etik yang dipakai oleh MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta.

4. Bulatan atau lingkaran merupakan perumpamaan bola dunia sebagai lambang dari kehidupan dan cinta kasih

5. Tali terpilin di pinggir segitiga merupakan lambang ikatan persaudaraan dan keuletan jiwa

6. Jarum penunjuk 4 (empat) arah mata angin merupakan lambang kepastian arah dan tujuan tindakan

Sedangkan warna pada lambang juga memiliki makna tersendiri yang melambangkan setiap kehidupan di dunia ini. Makna dari 3 (tiga) warna pada lambang MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

1. Merah bermakna semangat dan berani dimana seorang MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta harus semangat dalam menjalankan organisasi ini dan berani dalam mengambil keputusan untuk kelangsungan organisasi ini.

2. Kuning bermakna mawas diri dimana seorang MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta harus selalu mawas diri dalam kegiatannya karena dengan mawas diri berart seorang MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta telah melaksanakan safety prosedure yang baik

3. Hitam bermakna kuat dan perkasa dimana seorang MAPALA UPN “Veteran” Yogyakarta harus kuat ketika berkegiatan dialam bebas tanpa mengenal rasa menyerah dan selalu menjadi seorang yang perkasa hingga akhir. (Bgl )

Sumber : AD/ART Mapala Upn