Jarang Diketahui Publik, Ini Etika Dan Moral Penelusuran Gua

GALIA NEWS ( Informasi Online Mapala UPN Jogja ) – Ada rencana menelusuri perut bumi atau gua?, Yuk sebelum berangkat kita pahami dahulu bagaimana mengetahui Etika penulusuran gua Dan Moral ketika saat Penelusuran Gua.

Dikutip Galia News dari laman website Asc http://asc.or.id Rabu (04/11/2010) dijelaskan bahwa etika dan moral penulusuran gua dapat dibagi 3 yaitu etika dan moral bagi penelusur, sesama penelusu dan alam/gua itu sendiri.

BACA JUGA :   Menanti Implementasi Instruksi Gubernur Jakarta

Dari laman Website ASC tersebut, etika dan moral terhadap diri sendiri (penelusur), etika dan moral terhadap orang lain (sesama penelusur) dan etika dan moral terhadap lingkungan (alam/gua).

 Etika dan moral penelusur gua secara umum dapat di bagi atas 3, yakni :

1. etika dan moral terhadap diri sendiri (penelusur)

2. etika dan moral terhadap orang lain (sesama penelusur)

BACA JUGA :   Inilah Makna Warna Merah di Kaos MAPALA UPN

3. etika dan moral terhadap lingkungan (alam/gua)

1. Etika Dan Moral Terhadap Diri Sendiri

a.   Setiap penelusur gua menyadari bahwa kegiatan speleologi, baik dari segi olahraga/segi ilmiahnya bukan usaha untuk di pertontonkan atau tidak butuh penonton

b.Dalam hal penelusuran gua, para penelusur gua harus bertindak sewajarnya . Para penelusur gua tidak memandang rendah ketrampilan dan kesanggupan sesama penelusur. Sebaliknya, seseorang penelusur gua dianggap melanggar etika, bila memaksakan dirinya untuk melakukan tindakan-tindakan diluar batas kemampuan fisik dan tekniknya, serta kesiapan mentalnya.

BACA JUGA :   VIDEO : Tidak Ada Gunung di Batam, Camping di Hutan & Danau Pun Jadi
1
2
3
BAGIKAN