Mendaki rimba tropisnya Gunung Halau-halau Kalimantan.

GALIA NEWS- Gunung Halau-halau adalah salah satu puncakan Gunung yang terletak di Pegunungan Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Gunung tersebut memiliki tipikal yang menarik, selayaknya alam didaerah Kalimantan dengan ciri khas hutan hujan tropisnya. Memiliki ketinggian tak lebih dari 2000 MDPL, lebih tepatnya 1901 MDPL.

Tahun lalu tepatnya pada 18 Oktober 2019, salah satu anggota Mapala UPN Jogja yang tengah mengikuti acara TWKM (Temu Wicara dan Kenal Medan) Mapala Se-Indonesia di Banjarmasin. Yang salah satu kegiatannya adalah mendaki Gunung Halau-halau tersebut. Selama 5 hari perjalanan pendakian ditempuh untuk menyelesaikan kegiatan pendakian tersebut.

BACA JUGA :   (Sebenarnya) MAPALA Tidak Seburuk Itu Kok

Hutan Pegunungan Meratus memang sangat menarik, berbagai biota tumbuhan dan hewan ditemukan. Mulai dari semut merah besar, pohon Gaharu yang besar dll. Adalah salah satu kawasan yang harus tetap dijaga kelestariannya. Hutan hujan tropis yang besar didaerah Kalimantan selayaknya harus tetap dilestarikan demi terjaganya salah satu “paru-paru” dunia tersebut.

(Rw MPA 017.234)

BACA JUGA :   Berkabut Ria di Tepian Waduk Sermo
BAGIKAN